Nusantara Wisdom | Kearifan Nusantara



Nusantara menyimpan banyak sekali ajaran tentang kearifan, menjadi manusia yang berbudi luhur dan dekat dengan sang Pencipta. Kearifan tersebut banyak tersimpan dalam seni, kebiasaan dalam hidup turun menurun yang sudah menjadi kultur dan budaya, tersimpan dalam bahasa sehari-hari,cerita dongeng, makanan dan banyak lagi.


Mampukah kita menjalankan kehidupan dengan mengetahui mengapa harus menjalankan?


Mengerti tentang esensinya dan menjalankan kehidupan berbudaya secara sadar utuh hadir penuh.

Mengenal sejarah kita tidak hanya mengenal tahun dan bulan spesial, namun menggali ilmu-ilmu yang tersimpan di dalamnya yang sangat berharga bagi seorang individu yang ingin hidupnya lebih berarti. Berarti bagi perubahan diri untuk lebih bijak dan berkualitas, dan berarti bagi perubahan jaman,

Mari kita menggali bersama-sama kearifan Nusantara, mempelajari dan mengolah rasa di dalam rasa sehingga dapat berguna bagi individu dan orang banyak, membawa Nusantara kembali Berjaya .


Menep mantep adeg jejer.

"Menep ing rahsa sateleng kalbu, amatek cipta ambasuh sukma sumunaring raga ambudidaya, nora iguhing palena pikir imaningsun anuju dhat luhur nembah asaling muasal, oncat hawa lereming asepi "


Mengendapkan Rasa di dalam dasar hati yang paling dalam

Kosentrasi penuh dengan samadi untuk mensucikan jiwa,

Agar diri ini terus berupaya untuk bisa bercahaya

Hendaknya tidak selalu memakai akal pikiran lahir saja

Iman selalu kita menuju kepada Dzat yang maha luhur

Menyembah, menyambungkan dengan Dzat yang menjadi asal dari mana kita berasal

Harus bisa mengeluarkan keinginan rendah (hawa) agar bisa hening, tentram, kosong, suwung...seperti suasana sepi dalam kedalaman sepi yang paling sepi

Fashion | Indonesian Culture | Love | Life | Inspirations

©2018 by Era Soekamto